Minggu, 12 November 2017

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Rangka Atap Baja Ringan Untuk Sebuah Bangunan




Seiring perkembangan zaman, sudah banyak sekali pengembangan pada struktur rumah yang lebih berkualitas di berbagai aspek bangunan rumah. Salah satu contoh pengembangan salah satu struktur rumah adalah Rangka Atap Baja Ringan. Atap baja ringan adalah salah satu bentuk konstruksi yang tentu banyak bisa diaplikasikan pada berbagai bangunan baik rumah ataupun gedung-gedung megah. Hal ini karena pengaplikasian atap baja ringan lebih mudah dibandingkan dengan atap lain. Selain itu, ketahanan serta kekuatan menjadi nilai lebih tersendiri bagi atap baja ringan tersebut. Anda mungkin tertarik juga untuk menggunakan atap baja ringan untuk bangunan yang anda miliki. Sebelum itu, ada beberapa kelebihan serta kekurangan dari atap baja ringan yang harus anda ketahui. Kelebihannya adalah sebagai berikut:
·         Beban ringan yang dimiliki oleh atap baja ringan menjadikan beban yang ditanggung oleh struktur bangunan yang ada di bawahnya tidak berat. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri karena bangunan atau rumah yang tidak memiliki banyak beban di atasnya akan lebih aman sehingga para penghuni bangunan tersebut pun juga aman.
·         Tahan api. Hal ini karena rangka baja ringan memiliki sifat yang tak akan menyulut api atau bahkan mudah terbakar.
·         Tahan rayap. Rayap adalah salah satu ancaman tersendiri untuk sebuah bangunan. Jika anda menggunakan atap baja ringan, tentu masalah ini bisa teratasi dengan mudah.
·         Rangka baja ringan tidak memiliki nilai muai maupun nilai susut sehingga anda tak perlu takut terhadap serangan suhu panas dan dingin yang menyerang bangunan anda tersebut.
Sedangkan untuk kekurangan Rangka Atap Baja Ringan adalah sebagai berikut:
·         Kurang bisa menutup plafon karena kerangka baja ringan berbentuk jarring.
·         Kurang fleksibel jika dibandingkan dengan atap yang menggunakan rangka kayu.
·         Ada beberapa jenis baja ringan yang mutunya kurang terjamin sehingga menjadikan anda harus lebih teliti dalam memilih rangka atap yang menggunakan baja ringan.
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan Rangka Atap Baja Ringan sebagai rangka atap bangunan anda. Meskipun demikian, anda juga harus mempertimbangkan keamanan yang tentu terjamin ketika menggunakan jenis rangka baja ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar